Menididik Karakter Anak Dalam Keluarga

  Pernahkah anda menemukan anak-anak disekitar  anda  yang tidak memiki karakter baik. karakter anak yang tidak baik tercetak karena pola kebiasaan yang tidak baik pula. sebagai contoh jika anak kita biasakan makan dengan memakai tangan maka dia akan sulit untuk meninggalkan kebiasaan tersebut. begitu juga dengan pola karakter.
lalu apa hal yang harus dibiasakan dalam kehidupan anak ?

1. Pendidikan Spiritual


Pendidikan Spiritual adalah sesuatu yang berkaitan dengan agama seperti mengenalkan pada anak siapa penciptanya, bagaimana cara beribadah, dan bagaimana berdoa memohon berkat dan syukur kepada tuhan. 
dengan cara menunjukkan buku, Gambar dan cerita yang menginspirasi anak tentang agama. kemudian berikan dia kesempatan untuk menerapkannya secara langsung, karena biasanya sesuatu yang konkrit akan lebih mudah dipahami anak.

2. Berikan Stimulus.

Menididik Karakter Anak Dalam Keluarga

Anak yang masih berumur dibawah 10 tahun biasanya mengikuti semua hal yang dilihat, dirasakan, dan apa yang didengarnya.
jadi berikanlah contoh yang baik sebagai orang tua dan memfilter teknologi yang digunakannya seperti Gadget, televisi dan sebagainya. 

4. Memberikan sesuatu dengan syarat kerja keras

Memberikan sesuatu dengan syarat kerja keras, disini maksudnya mengajari anak agar melakukan kerja keras untuk mendapatkan sesuatu, hal ini juga bisa membuat anak menjauhi sifat manja yang tak baik bagi anak.

5. Etika Berkomunikasi


Seorang anak perlu dididik  agar siap dalam bersosial kedunia luar, ajari dia hal sederhana seperti
mengucapkan terima kasih dalam segala hal yang telah diberikan orang lain
atau mengucapkan maaf ketika dia memiliki kesalahan. 
Hal-hal tersebutlah yang perlu diperhatikan dan dilatih sejak kecil agar menjadi perilaku yang terbiasa pada kehidupannya.
Sumber Gambar : ummi-online


EmoticonEmoticon